Rabu, 22 Oktober 2014

Butir-butir Keteladanan Nabi Ibrahim As.


Butir-butir Keteladanan Nabi Ibrahim As.


 Bismilahirohmanirohim

Ingatlah ketika Ibrahim diuji oleh Tuhannya  dengan beberapa kalimat. Lalu Ibrahim benar-benar  menunaikan semuanya dengan sempurna. Tuhan  berfirman, “ akan Kujadikan engkau IMAM bagi manusia “. Ibrahim bermohon , Anak cucuku mohon juga dijadikan Imam. Allah berfirman, “Janji-Ku ini tidak berlaku bagi orang yang zalim”.  (QS; 2; 124)

  Setiap kali datang hari raya idhul adha, kita selalu teringat kepada dua hamba Allah yang istimewa yang telah ditetapkan Allah secara eksplisit atau jelas sebagai uswatun khasanah atau teladan yang baik bagi manusia khususnya umat islam. Kedua manusia teladan itu adalah Nabi Muhammad saw dan Nabi Ibrahim as. Status keteladanan Nabi Muhammad saw dapat kita ketahui dari  Firman Allah, yang artinya :”Sungguh terdapat teladan yang baik di dalam diri Rasulullah (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan hari akhir, serta banyak mengingat Allah (QS; 33:21)
  Sementara itu status keteladanan Nabi Ibrahim as, dapat kita lihat dari Firman  Allah berikut ini :”Sungguh  terdapat teladan yang baik bagi kamu sekalian di dalam diri Ibrahim dan orang-orang yang bersamanya. Ketika mereka berkata kepada kaumnya “Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu sekalian dan dari sesuatu yang kalian sembah selain Alllah. Kami ingkari kamu sekalian dan telah nyata permusuhan dan kebencian diantara kami dan kamu sekalian  untuk selamanya sehingga  kamu sekalian beriman kepada Allah se mata-mata , ..” (QS; 60: 4)

 Nabi Ibrahim  dikenal memiliki sifat hanif (lurus), muslim (menyerahkan segenap hidupnya kepada Allah) dan ikhlas  (memurnikan niat semata-mata karena Allah)  sebagaimana termaktub dalam Q.S. Ali Imron : 67  “ Ibrahim bukanlah seorang Yahudi dan bukan pula seorang Nasrani tetapi ia seorang yang lurus , muslim dan tidak termasuk orang yang musrik”. Di samping itu beliau adalah seorang nabi yang shidiq  (orang yang selalu jujur atu membenarkan), sebagaimana terbaca dalam Qur’an Surat Maryam ayat 41, “…...sesungguhnya ia seorang yang mencintai kebenaran dan seorang nabi”. Beliau seorang yang berhati lembut, penyantun dan suka kembali kepada  Allah swt, sebagaimana terabadikan dalam Q.S At Taubah :114, Q.S. Hud : 75.

Wasiat dan do’a nabi Ibrahim as.:

Q.S. Al.Baqoroh : 132 : “Dan Ibrahim telah mewasiatkan ke Islam an itu kepada anak-anaknya demikian pula Yakub, (Ibrahim berkata): Hai anak-anakku, sesungguhnya  Allah telah memilih agama islam untuk kamu, maka janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan muslim”.

Q.S.  Al Baqoroh : 128 : “Ya Tuhan kami jadikanlah kami berdua orang yang muslim (menyerahkan segenap hidupnya ) kepada Mu, dan jadikanlah  diantara anak cucu kami umat yang muslim  kepada Mu”.

Q.S. Ibrahim:40 :  “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang menegakan sholat .Ya Tuhan kami perkenankanlah do’a ku”


Wallohualam bi sawab.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

HADIRILAH KAJIAN RUTIN

1. Pengajian Pagi Ahad ke-1 dan ke-5 di Balai Dakwah Muhammadiyah Kaliwungu, Jln. Sekopek-Plantaran no.12, Kaliwungu, Kendal.

2. Pengajian Pagi Ahad ke 2 di PAY Putri Hj Rumiatun, Sarirejo, Kaliwungu(Belakang Koramil Kaliwungu).

3. Pengajian Pagi Ahad ke-3 di PAY Hj Siti Rohmah, Kumpulrejo, Kaliwungu.

4. Pengajian Pagi Ahad ke 4 di Ponpes Al Manar Sawah jati Krajan kulon, Kaliwungu.

Pengajian dimulai pukul 06.00-07.00

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ :

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

رَوَاهُ مُسْلِم عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Barang siapa menumpuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.(HR. Muslim dari Abu Hurairah)

 

| MDM (Mimbar Dakwah Muhammadiyah) Kaliwungu © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |