Senin, 17 Agustus 2015

SEPUTAR PUASA RAMADHAN (2)


SEPUTAR PUASA RAMADHAN (2)

بسم الله الرحمن الرحيم

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda bersabda,
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَالْعَمَلَ بِهِ وَالْجَهْلَ فَلَيْسَ ِللهِ حَاجَةٌ اَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ (رواه الجماعة واللفظ للبخاري)

Dari Abu Hurairoh, dari nabi saw., bersabda :" barang siapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta serta bertindak bodoh, maka bagi Alloh tidak ada gunanya meninggalkan makan dan minum. (HR. Jama'ah ahli Hadits, sedangkan lafadznya Bukhari).

Hal-hal Yang Harus Dihindari oleh Orang Yang Sedang Berpuasa.
Orang yang sedang berpuasa hendaklah menghindari berkata dusta, jorok dan tindakan bodoh, berbuat gaduh, bertengkar, berkumur-kumur atau istinsyak (memasukan air ke hidung ketika berwudu) secara berlebih-lebihan. Sebagaimana yang disebutkan pada hadits di atas.


Amal-amal Utama di Bulan Romadhon.

1. Shalat Tarawih  11 raka'at 
Dari Abu Salamah bin Abdurrahman, ia mengabarkan bahwa ia bertanya kepada 'Aisyah r.a. tentang shalatnya Rasulullah s.a.w di bulan Ramadhan, maka beliau r.a. berkata "Rasulullah s.a.w. tidak melebihi 11 raka'at baik di bulan ramadhan atau lainnya; beliau shalat empat raka'at, jangan kamu tanyakan tentang bagusnya shalat beliau dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat raka'at, jangan kamu tanyakan tentang bagusnya dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga raka'at; 'Aisyah r.a. berkata, maka aku bertanya "Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir ?, beliau menjawab "wahai 'Aisyah, sungguh kedua mataku tidur, tetapi hatiku tidak tidur" (HR. Bukhori )

2. Tadarus al Qur'an
3. Memperbanyak sadaqah,
4. I’tikaf

Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Buka.
"Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :" makan sahurlah kalian; karena didalam sahur itu terdapat barokah " (HR Jama'ah ahli hadits)

"Dari Anas, dari Zaid bin Tsabit ia berkata; kami makan sahur bersama nabi, kemudian sholat (shubuh), aku (Anas) bertanya "berapa lama selang waktu antara adzan dan sahur ?, ia menjawab kira-kira 50 ayat" (Muttafaq 'Alaih)

"dari Anas, ia berkata, aku tidak pernah melihat Rasulullah saw., sholat maghrib sebelum berbuka, walaupun hanya dengan seteguk air" (HR. Abu Ya'la dan Ibnu Huzaimah)

"Dari Sahl bin Sa'ad, Rasuullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bersabda :" orang-orang akan dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka" (HR Bukhori, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Malik dan Darimi)



Berdasarkan Hadits,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كاَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم إِذَا أَفْطَرَ قَالَ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ  اللهُ  (رواه ابو داود والدارمي)
"Dari Ibnu 'Umar ia berkata, adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, apa bila telah berbuka, Dia berdo'a dzahabadz dhomau wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru (telah hilanglah rasa haus, urat-urat menjadi segar, dan insya Alloh tetap berpahala)" (HR. Abu Daud dan Darimi)

Catatan : do'a berbuka puasa dibaca ketika seseorang sudah minum atau makan.

Keutamaan Puasa
Dalam Hadits-hadits rasulullah
1. Doa orang berpuasa tidak  ditolak alias dikabulkan
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Tiga golongan; doanya tidak ditolak, yaitu : Orang yang sedang berpuasa sampai dengan ia berbuka, imam yang adil, dan doa orang  yang teraniaya.   Allah swt akan mengangkatnya diatas awan, lalu pintu-pintu langit akan dibuka, dan Tuhan berfirman; Demi keagungan Ku sungguh Aku akan menolongmu walau tidak sekarang” (HR Tirmidzi  dan di hasankan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya).Puasa Sebagai pintu – pintu kebaikan“sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :” Maukah kamu aku tunjukan padamu pintu - pintu kebaikan ? ya, wahai rosulullah. Maka beliau berabda : “Puasa itu adalah perisai, dan shodaqoh itu bias memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api” (HR Tirmidzi  dan ia menshahihkannya)

2. Puasa sebagai Zakatnya jasad atau badan
Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :” Tiap-tiap sesuatu ada zakatnya; dan zakat badan itu adalah puasa; puasa itu separo kesabaran.”(HR Ibnu Majah)

3. Puasa Sebagai penghapus dosa – dosa kecil masa lalu selama dosa besar ditiinggalkan
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda : antara sholat lima waktu, jum’at ke jum’at dan romadlon ke romadhon berikutnya adalah penghapus dosa  antara  waktu tersebut selama dosa-dosa besar ditinggalkan” HR Muslim.

4. Pintu-pintu langit dibuka 
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda "apabila bulan romadhan datang, maka pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu jahanam di tutup, dan syetan-syetan dibelenggu" (HR. Bukhari)

5. Puasa meninggalkan kata-kata yang tidak baik.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda "barangsiapa tidak meninggalkan kata-kata dusta, dan tidak meninggalkan perbuatan dusta, maka tidak ada kepentingan bagi Allah di dalam ia meninggalkan makanan dan minumannya" (HR. Bukhori)

6. Puasa sebagai contoh amal yang paling ikhlas.
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda "Allah 'azza wa jalla berfirman :setiap amal anak adam itu untuknya, kecuali puasa; sungguh puasa itu untuk Ku, dan Aku yang akan membalasnya; puasa itu adalah perisai; maka jika salah seorang diantara kalian hari itu sedang puasa, maka janganlah ia berkata keji / kotor dan janganlah ia bertengkar; jika ada seseorang mencaci-makinya atau memeranginya, maka hendaklah ia menjawab "sungguh aku ini orang yang sedang berpuasa"; demi Zat yang jiwa Muhammad ada di  tangan Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah pada hari kiyamat dibanding dengan harumnya minyak kesturi; bagi orang yang sedang berpuasa ada dua kegembiraan yang ia akan bergembira; -pertama- apa bila berbuka maka ia akan gembira dengan makanan nya, dan –kedua- apabila ia berjumpa dengan Tuhannya maka ia gembira karena puasanya" (HR. Bukhori dan Muslim)

Oleh: Ust. M. Syaifuddin, S.Sy., S.Th.I
Diedit oleh redaksi



Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

HADIRILAH KAJIAN RUTIN

1. Pengajian Pagi Ahad ke-1 dan ke-5 di Balai Dakwah Muhammadiyah Kaliwungu, Jln. Sekopek-Plantaran no.12, Kaliwungu, Kendal.

2. Pengajian Pagi Ahad ke 2 di PAY Putri Hj Rumiatun, Sarirejo, Kaliwungu(Belakang Koramil Kaliwungu).

3. Pengajian Pagi Ahad ke-3 di PAY Hj Siti Rohmah, Kumpulrejo, Kaliwungu.

4. Pengajian Pagi Ahad ke 4 di Ponpes Al Manar Sawah jati Krajan kulon, Kaliwungu.

Pengajian dimulai pukul 06.00-07.00

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ :

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

رَوَاهُ مُسْلِم عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Barang siapa menumpuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.(HR. Muslim dari Abu Hurairah)

 

| MDM (Mimbar Dakwah Muhammadiyah) Kaliwungu © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |