Sabtu, 28 Maret 2015

AT-TAYAMMUN (BERKANAN)


AT-TAYAMMUN (BERKANAN)

كَانَتْ يَدُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْيُمْنَى لِطُهُوْرِهِ وَ طَعَامِهِ وَ كَانَتْ يَدَهُ الْيُسْرَى لِخَلاَئِهِ وَمَا كَانَ مِنْ أَذًى

Pada hadts ini Aisyah radliyallahu ‘anhaa menuturkan : “Tangan kanan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dipergunakan dalam bersuci dan  makan. Adapun tangan kiri, diguakkan untuk membersihkan bekas kotoran dari buang hajat dan perkara-perkara yang najis (HR. Abu Dawud)
Imam an-Nawawi berkata:
“Disunahkan menggunakan tangan kanan dalam perkara-perkara yang mengandung segi kemuliaan, dan sebaliknya, menggunakan tangan kiri dalam perkara yang mengandug kejelekan”

Dalam hal apa sajakah kita menggunakan angan kanan atau mendahuklukan anggota tubuh sebelah kanan?

Pada kesemopata ini kita akan membahas hal tersebut berdasarkan hadits:
1. Dalam bersuci
Dalam bersuci kita mendahulukan bagian yang kanan dari pada bagian yang kiri, hal ini berdasarkan hadits dari Aisyah radliyallahu ‘anhaa yang diriwayatkan Imam al-Bukhari dan Muslim, ia berkata : “Nabi lebih menyukai mendahulukan yang kanan dalam urusan-urusan beliau, dalam mengenaan sandal, bersisir dan bersuci.

Maksudnya dalam bersuci beliau mendahulukan membasuh anggota tubuh bagian kanan terlebih dahulu, dalam membasuh tangan, membasuh kaki. Dalam mandi wajib juga didahuukan membasuh bagian kanan terlebih dahulu.
Demikian pula dalam menyisir rambut ataupun mengenakan sandal, beliau mendahulukan yang kanan terlebih dahulu.
Dalam hadits lain dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika kalian akan mengenakan pakaian dan berwudlu, mulailah dengan sebelah kanan kalian. (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi)
Adapun telingga dihitung satu anggota tubuh, yaitu bagian kepala yang dibasuh sekaligus tanpa mempertimbangkan bagian kanan atupun kiri.
2. Memandikan jenazah
Disebutan dalam riwayat, kaum wanita menghadiri pemadian jenazah putri Rasulullah Shallallahu ‘aaihi wa sallam, Zainab. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada mereka : “Mulailah dengan anggota-nggoa badan sebelah kanan ….(Muttaaqun ‘alaihi).
3. Makan dan minum
Masalah ini sering dilupakan oleh sebagian kaum muslimin. Masih sering kita jumpai banyak yang makan dan minum menggunakan tangan kiri. Padahal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan dengan tegas pada permasalahan ini, dan beliau menyebutkan bahwa makan dan minum dengan tangan kiri merupakan kebiasaan setan. 

Setiap muslim harus menjauhi langkah-langkah setan tersebut. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengingatkan:
“Jika salah seorang diantara kalian makan hendaknya makan dengan tangan kanannya Apabila minum hendaknya juga menggunakan tangan kanannya. Sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim)
Hal ini wajib diperhatikan oleh setap muslim, termasuk juga orang tua yang harus membiasakan anak-anaknya makan dan minum dengan tangan kanan.
Wallahu a’lam




Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

HADIRILAH KAJIAN RUTIN

1. Pengajian Pagi Ahad ke-1 dan ke-5 di Balai Dakwah Muhammadiyah Kaliwungu, Jln. Sekopek-Plantaran no.12, Kaliwungu, Kendal.

2. Pengajian Pagi Ahad ke 2 di PAY Putri Hj Rumiatun, Sarirejo, Kaliwungu(Belakang Koramil Kaliwungu).

3. Pengajian Pagi Ahad ke-3 di PAY Hj Siti Rohmah, Kumpulrejo, Kaliwungu.

4. Pengajian Pagi Ahad ke 4 di Ponpes Al Manar Sawah jati Krajan kulon, Kaliwungu.

Pengajian dimulai pukul 06.00-07.00

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ :

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

رَوَاهُ مُسْلِم عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Barang siapa menumpuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.(HR. Muslim dari Abu Hurairah)

 

| MDM (Mimbar Dakwah Muhammadiyah) Kaliwungu © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |